Cara Membuat Batako Ringan Manual dan Kuat

Halo sahabat, Yusazrina kembali untuk mengulas Cara Membuat Batako Ringan Manual dan Kuat. Oleh karena itu Anda wajib simak dari awal sampai akhir ya teman. Karena proses pembuatannya tidak semudah yang difikirkan, namun saya tuangkan semua disini. 

Cara Pembuatan Batako Ringan dengan teknik Manual dan hasil yang Kuat, harus melalui 8 langkah yang akan kami ulas di blog sederhana Yusazrina ini. Mungkin ada yang belum tahu apa itu hebel ? dan fungsi serta manfaatnya apa jika menggunakan hebel. Sebaiknya Anda harus mengenali terlebih dahulu tentang hebel yang benar.

Salah satu bahan material bangunan yang banyak diproduksi yakni batako ringan. Batako juga menjadi salah satu bahan material yang banyak diminati dipasaran. Jika Anda berminat memproduksi maupun membuatnya sendiri, karenanya akan aku jelaskan secara komplit bagaimana cara pembuatan batako ringan paling gampang disini.

Sebelum kita membahas mengenai cara membikin batako press manual, tahukah Anda apa itu batako? Apabila belum tahu, karenanya akan saya jelaskan secara singkat. Batako merupakan suatu bahan material bangunan yang terbuat dari bahan berupa campuran pasir dengan semen yang diaduk lalu dicetak.

Cara Membuat Batako Ringan Manual & Kuat

Ketika ini ada dua tipe batako yang beredar dipasaran. Macam yang pertama merupakan batako manual yang dibuat mengguakan tenaga manusia, lalu ada tipe batako yang dihasilkan memakai mesin cetak secara otomatis. Anda bisa memilih tipe batako mana yang sesuai selera sendiri.

Ukuran standar batako umumnya punya panjang 36-40 cm dan tinggi 18-20 cm dengan ketebalan antara 8-10 cm. Walaupun antara batako yang diwujudkan manual dan ptpmatis punya kesamaan, bukan berarti kita sama sekali tidak dapat membedakan antara keduanya.

Salah satu cara untuk membedakannya ialah dari segi kepadatan dibagian permukaannya. Sekiranya kita mengamati batako yang dibuat pakai mesin, maka kepadatannya lebih baik. Hal inilah yang membikin batako mesin terbilang punya kwalitas yang lebih baik dibanding dengan batako press manual.

Tapi tetap saja keduanya baik diaplikasikan sebagai bahan material batako uang memiliki kelebihan dibanding material lain seperti batu bata. Kelebihan batako dari batu bata ialah sifatnya yang anti air, jadi kita tidak takut bila rumah kita terkena rembesan air.

Kecuali itu bila kita mengamati dari segi harga, maka batako lebih murah bila kita bandingkan dengan batu bata. Karenanya dari itu tidak heran akan kerap kali nampak penerapan batako pada pembangunan rumah atau bangunan dengan dana minimalis. Padahal minimalis, namun tetap saja kualitasnya baik sebagai bahan material kuat.

Cara Pembuatan Batako Ringan Manual yang Kuat

Cara Membuat Batako Ringan

Setelah kita berhasil mempersiapkan semua bahan material pembuatan batako yang akan diaplikasikan, selanjutnya kita akan mengetahui cara membuat batako ringan manual yang terbilang amat sederhana. Untuk membuatnya, ikuti saja langkah atau cara membuat batako press berikut :

a. Langkah yang pertama : mengayak pasir dahulu. Kita sepatutnya menetapkan pasir yang kita miliki tak terdapat kerikil dalam ukuran yang tak layak. Selain itu pastikan pasir tak dilengkapi dengan lumpur atau kotoran apa saja.

b. Langkah yang kedua : kita bsa mulai membuat adonan beton. Saya sarankan Anda supaya menggunakan sarung tangan terbuat dari plastik. Hal ini mencegah supaya tangan Anda tak terlalu kotor.

c. Langkah yang ketiga : Dalam membuat beton, karenanya kita dapat menuang pasir pada daerah adukan dengan ketinggian kurang lebihnya 10 cm, sesudah itu tambah semen. Penambahan semen ini sepatutnya secukupnya saja, kalau sudah ditambahkan, karenanya tinggal aduk hingga adonan beton ini benar-benar jadi rata.

d. Langkah yang keempat : Bila adonan beton ini sudah kita campur dengan rata, karenanya tinggal bentuk ditempat adukan menjadi seperti gundukan. Lalu tambah cekungan pada bagian tengahnya. Bayangkan saja seperti memandang gunung dengan lava dibagian tengahnya.

e. Langkah yang kelima : Pada tahap ini, adonan yang sudah kita buat dapat seketika masuk kedalam cara kerja pencetakan secara manual.

f. Langkah yang keenam : Cara pencetakan ini kita akan menggunakan akat berupa rakitan kayu ataupun besi cetakan batako yang sudah kita siapkan. Disini kita sepatutnya memposisikan alat ini secara terbaik, sesudah itu isi cetakan ini sedikit demi sedikit saja. Supaya adonan menjadi padat, karenanya gunakan lempengan besi yang biasa diterapkan buat meratakan adonan beton.

g. Langkah yang ketujuh : Sesudah itu, seketika angkat kalau cetakan yang kita gunakan sudah penuh dengan adonan. Kita disini sepatutnya menghindarkan adonan jangan hingga terkena cahaya sang surya seketika. Untuk menghindarkannya, kita dapat menggunakan plastik sebagai penutup.

h. Langkah yang kedelapan : Kita disini sudah berhasil menjalankan pencetakan. Kita dapat menunggu hingga benar-benar kering dan kadar airnya hilang. Sesudah itu, kita dapat seketika menjualnya dipasaran.

Demikian yang bisa Yusazrina berikan terkait pembuatan batako ringan yang benar, artikel ini kami kutip dari asdarid. Tujuannya untuk memberikan wawasan kepada Anda yang belum tahu teknik membuat batako ringan ini, dan bisa menjadi bahan edukasi baru Anda. Selamat mencoba.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close