Cara Menghitung Kebutuhan Turbin pada Ventilator

Hitung Turbin Ventilator - Idealnya sebuah ruangan butuh pergantian udara menggunakan volume 70-90 meter kubik (m3) per jam, agar suhunya sama menggunakan suhu di luar. Masalahnya, ventilasi & pintu nir selalu terbuka. Sementara ventilasinya terkadang relatif kecil, sebagai akibatnya udara di pada ruangan terasa panas.

Simak juga : Fungsi & Kelebihan Turbin Ventilator Denko

Masalah lain, ketika udara keluar masuk, aliran udara hanya tercipta di bawah plafon. Sedangkan pada antara atap dan plafon udara panas mengumpul. Lantaran nir ada celah buat keluar, udara panas dari permukaan atap itu diradiasikan ke bawah sehingga ruangan sebagai semakin panas.?Udara panas pada antara atap & plafon itu pula mengakibatkan kondensasi atau pengembunan yang mampu membuat plafon & dinding berjamur. Pemasangan AC memang bisa membantu menyejukkan ruangan. Tetapi, harga AC masih nisbi mahal & konsumsi listriknya tidak mengecewakan cukup besar .

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Turbin Ventilator ?

Cara Menghitung Kebutuhan Turbin Ventilator

Turbin Ventilator memiliki bentuk misalnya fungi atau bawang bombay dengan sirip-sirip vertikal, dan dipasang menonjol di atap tempat tinggal  . Pada umumnya Turbin Ventilator terbuat dari bahan aluminium atau stainless steel, dan beberapa mulai terdapat yg terbuat dari bahan polycarbonat.

Turbin Ventilator Merupakan Sirkulasi Udara yg Efektif Tanpa Beban Biaya Listrik

Turbin ventilator ini relatif efektif mengeluarkan panas dari ruangan. Turbin Ventilator bekerja memakai tenaga angin. Berputar dan membuat udara pada pada ruangan terdorong buat keluar. Turbin berputar otomatis dampak dorongan naik udara berdasarkan luar (yg lebih berat) terhadap udara panas (yg lebih ringan) di dalam melalui sirip-sirip vertikalnya.?Sirip-sirip itu akan terus berputar meskipun hembusan angin sangat kecil. Model sirip tadi dibuat sedemikian rupa guna buat menghalangi masuknya air hujan.

Pemasangan Turbin Ventilator Untuk Rumah

Cara Memasang Turbin Ventilator

Pemasangan Turbin Ventilator dapat dipasang dengan mengikuti kemiringan atap hingga 45 derajat. Idealnya, penempatan Turbin Ventilator dipasang lebih tinggi daripada zenit atap rumah supaya hembusan angin yg berkecimpung dapat secara bebas berhembus ke arah turbin. Hanya karena semua zenit atap telah diberi lapisan semen, pemasangan bisa agak ke bawah di mana Anda sanggup membuka genteng.

Simak juga : Tips Memilih Tangki Air yang Benar

Sebelum pemasangan Turbin Ventilator hendaknya terlebih dulu dilakukan survei terhadap posisi tempat tinggal   (contohnya, apakah terhalang tembok tetangga atau nir), & ukuran ruang yang akan dipasang turbin. Bila tembok tetangga lebih tinggi daripada atap tempat tinggal  , bisa dibuatkan cerobong yang memungkinkan posisi ventilator lebih tinggi menurut pada tembok tetangga, supaya angin yang tentang Turbin Ventilator nir terhalang sang tembok tadi, dan ventilator dapat berputar menggunakan lancar.

Mengukur Volume Ruangan Untuk Pemasangan Turbin Ventilator

Turbin Ventilator bisa dipasang pada atas ruang manapun. Ruang tamu, ruang makan, dapur atau kamar mandi. Singkatnya seluruh ruangan yang butuh kelancaran aliran udara. Di pasaran sendiri telah banyak tersedia produk turbin ventilator buat tempat tinggal   tinggal dimulai menggunakan diameter 25 sampai 60 centimeter. Meski nanti pihak pemasang yang akan memberitahu ukuran turbin mana yang cocok buat dipasang selesainya dilakukan survei.

Anda bisa mengukur sendiri kebutuhan ventilator,?Caranya tentukan dulu volume ruangan (panjang x lebar x tinggi). Contoh, ruangan dengan panjang 6m, lebar 3m, & tinggi 4m. Setelah itu tentukan volume atap (panjang x lebar x tinggi). Jika tinggi atap 2m, angka ini dibagi dua karena atap tempat tinggal   umumnya berbentuk segitiga. Hasilnya:
  • Volume ruangan : 6m x 3m x 4m = 72 m3 (Meter kubik)
  • Volume atap bangunan : 6m x 3m x 2m/dua?= 18 m3 (Meter kubik)
  • Total? = 90 m3 (Meter kubik)
Misalkan Turbin Ventilator berdiameter 45 cm, memiliki daya kapasitas hisap 42,36 m3/mnt. Dengan demikian buat ruangan yg memiliki volume 90 m3 diperlukan 2 unit turbin berdiameter 45 cm. Mudah kan menghitung kebutuhan tubin ventilator, namun tidak sembarang dalam hal menghitung. Harus dengan ahlinya agar Anda tidak salah dalam mengimplementasikannya. Tetap simak Yusazrina, karena kami hadir untuk Anda menyajikan konten terkait bangunan dan lainnya. Terimakasih Anda sudah setia berkunjung di blog kami.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close